Breaking News
Loading...
Saturday, May 18, 2013

Keramik Dinding Punya Banyak Kelebihan Sebagai Dekorasi Ruangan

9:07 PM
Keramik dinding dapat dijadikan salah satu pilihan yang menarik untuk memperkuat peran dinding dalam mempercantik sebuah ruangan. Bagian dinding merupakan salah satu bagian yang paling luas dari sebuah rumah, sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Keberadaan dinding tidak hanya sekedar sebagai penyekat antar ruangan saja, tetapi juga bisa dijadikan aksen yang memperindah tampilan ruangan. Penggunaan dinding yang mempunyai motif akan membuat suasana ruangan lebih hidup daripada sekedar dinding dengan cat polos. Untuk menampilkan motif pada dinding, Anda tidak hanya bisa menggunakan wallpaper saja, tetapi juga bisa menggunakan keramik dinding.



Dengan semakin berkembangnya teknologi, motif keramik dinding juga semakin beragam. Apalagi dengan adanya teknologi digital printing khusus untuk keramik, membuat motif yang bisa diterapkan pada keramik dinding menjadi tidak terbatas. Selain itu penggunaan digital printing pada keramik dinding juga membuat motif terlihat lebih halus dan gambar yang dihasilkan terlihat lebih nyata. Perlu Anda ketahui bahwa keramik dinding berbeda dengan keramik yang digunakan untuk melapisi lantai. Keramik yang dipakai untuk melapisi dinding umumnya mempunyai ukuran yang lebih tipis karena tidak dipakai untuk menahan beban yang cukup berat seperti keramik lantai. Ukuran yang tipis juga bertujuan untuk membuat keramik lebih mudah dipasang pada dinding dan tidak mudah lepas karena bobotnya yang ringan.

Sebelumnya keramik dinding memang sudah banyak dipakai untuk menghias dinding ruangan, tetapi sebagian besar hanya digunakan pada dinding dapur dan kamar mandi saja. Hal ini karena dulu motif yang tersedia masih terbatas sehingga hanya cocok digunakan pada kedua ruangan tersebut. Namun karena saat ini telah ada teknologi yang lebih canggih, yaitu digital printing untuk keramik, motif yang tersedia pun semakin beragam. Sehingga penggunaan keramik untuk menghias dinding juga menjadi lebih luas, bisa digunakan untuk semua ruangan yang ada di rumah, sama seperti penggunaan wallpaper. Semakin banyak juga keramik yang menggunakan motif alami seperti serat kayu, gambar tanaman, gambar bunga, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa kelebihan dari penggunaan keramik dinding adalah sebagai berikut :

Mudah dibersihkan
Ciri khas dari bahan keramik adalah mudah dibersihkan, karena permukaannya yang halus dan licin. Sama halnya dengan keramik lantai, Anda juga bisa membersihkan keramik dinding dengan menggunakan cairan pembersih lantai yang dicampur dengan air. Perawatan yang mudah akan membuat dinding Anda selalu terlihat indah dan terhindar dari noda yang menempel.

Tahan lama
Keramik diproduksi dengan menggunakan bahan yang dicampur secara homogen dan dibakar dalam suhu yang mencapai 1200 derajat celcius. Hal ini membuat keramik mempunyai struktur yang kuat dan tidak mudah rusak. Sehingga penggunaan keramik dinding untuk menampilkan motif pada dinding akan jauh lebih tahan lama dibandingkan dengan menggunakan wallpaper. Saat menggunakna wallpaper, maka Anda harus menggantinya secara berkala karena warnanya yang mulai pudar. Selain itu wallpaper juga mudah sobek jika terkena benda yang tajam, misalnya tergores ujung furniture yang cukup tajam.

Lebih hemat

Penggunaan keramik dinding juga akan membuat pengeluaran Anda untuk mendekorasi ruangan menjadi lebih hemat. Karena Anda tidak perlu melakukan finishing terhadap dinding yang selesai dibuat, yaitu tidak dibutuhkan lapisan aci atau semen untuk menghaluskan lapisan luar. Dinding yang masih terlihat batu batanya bisa langsung dilapisi dengan keramik dinding, sehingga akan lebih hemat.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer