Breaking News
Loading...
Tuesday, May 21, 2013

Jenis Lantai Kayu Yang Bisa Bikin Rumah Lebih Unik

9:16 PM
Menggunakan lantai kayu sebagai pilihan untuk desain interior rumah Anda akan menciptakan sebuah suasana yang berbeda dengan penggunaan lantai keramik. Pemilihan lantai kayu dengan warna dan corak yang tepat akan membuat hunian Anda terlihat lebih elegan dan mewah. Selain itu beberapa warna kayu yang lebih ringan juga dapat menciptakan kesan yang lebih dinamis dan modern, meskipun kayu sendiri termasuk material klasik.

Jika Anda juga berminat untuk menjadikan lantai kayu sebagai bagian dari desain interior di rumah, maka Anda juga harus mengetahui lebih dalam jenis-jenisnya. Lantai kayu yang akan digunakan tidak hanya terbatas pada perbedaan warna saja, tetapi juga dibedakan oleh material yang digunakan untuk membuatnya. Beberapa jenis lantai kayu yang umum dipakai dan banyak tersedia di pasaran adalah laminated flooring, solid wood flooring dan engineering wood. Masing-masing jenis lantai kayu tersebut mempunyai ciri khas tersendiri dan penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Jenis-jenis kayu yang sering digunakan sebagai bahan kayu antara lain adalah kayu walnut, oak, cherry, lime, dan maple. Sedangkan dari bentuknya, lantai kayu juga tersedia dalam bentuk yang beragam, diantaranya adalah yang berbentuk strip dengan lidah alur yang digunakan untuk menyambungkan bagian antar lantai, plank dengan strip kayu hingga yang berbentuk parket. Masing-masing bentuk ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan rumah Anda.

Agar lebih jelas tentang jenis-jenis lantai kayu yang sudah disebutkan diatas, silahkan Anda baca lebih lanjut penjelasannya masing-masing di bawah ini.


Laminated flooring
Nama lain yang sering digunakan untuk menyebut laminated flooring adalah kayu imitasi. Disebut kayu imitasi karena lantai kayu jenis ini tidak menggunakan bahan kayu secara langsung, dan masih ditambah dengan material lainnya. Laminated flooring terbuat dari bubur kayu yang dicampur dengan lem lalu dipres sehingga berbentuk seperti papan. Selanjutnya papan tersebut dilaminasi dengan menggunakan decoration paper yang bermotif serat kayu. Jenis lantai kayu ini adalah yang paling murah dibandingkan dengan dua jenis lainnya. Namun untuk tampilannya juga terkadang tidak terlalu mirip dengan kayu asli.


Kayu solid
Sesuai dengan namanya, lantai kayu jenis ini terbuat dari bahan papan kayu utuh. Karena terbuat dari kayu asli, maka harganya juga paling mahal diantara jenis lantai kayu lainnya. Harga yang mahal memang sebanding dengan kualitas yang dimiliki oleh lantai jenis ini, karena akan dapat membuat sebuah ruangan di rumah Anda terlihat mewah dan juga elegan. Namun sayangnya jenis lantai ini tidak cocok diaplikasikan pada daerah tropis, karena akan mudah rusak jika sering terkena udara yang memiliki kelembaban tinggi. Kelemahan lainnya adalah jenis lantai ini mempunyai kemungkinan untuk mengembang dan menyusut, sehingga membuat pemasangannya harus lebih teliti. Sedangkan keunggulannya adalah setelah beberapa lama dipasang dan mengalami pemudaran warna, lantai kayu jenis ini bisa difinishing ulang.


Engineering wood

Jenis lantai kayu selanjutnya yang banyak dipakai adalah engineering wood. Lantai ini terbuat dari kayu yang diolah dengan menggunakan teknologi multi layer. Nama lain dari lantai jenis ini adalah engineered parket. Jenis ini juga sangat tahan terhadap penyusutan atau bengkok yang terjadi karena kayu yang mengembang. Kekurangannya adalah tidak bisa difinishing ulang jika warnanya telah pudar. Ada beberapa engineering wood yang bisa difinishing ulang, tetapi hanya satu hingga dua kali saja.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer