Breaking News
Loading...
Sunday, November 2, 2014

Sekat Ruangan Tidak Harus Selalu "Masif" Lho!

8:50 PM
Sekat ruangan sudah menjadi salah satu bagian dari sebuah rumah yang sangat menentukan kesan yang akan ditimbulkan oleh sebuah ruangan. Penggunaan sekat ruangan yang tepat akan sangat membantu mewujudkan kesan yang hendak diciptakan pada sebuah ruangan. Misalnya jika Anda menginginkan ruangan yang sempit terlihat lebih luas, maka Anda harus jeli memilih sekat pemisah ruangan yang dapat mendukung kesan tersebut.
Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba saat mengaplikasikan penyekat ruangan pada bagian rumah Anda.

Sekat transparan
Salah satu jenis bahan penyekat ruangan yang sangat digemari adalah yang terbuat dari bahan kaca atau material transparan lainnya. Penggunaan bahan kaca sudah sangat umum digunakan bagi pemilik rumah yang menginginkan ruangannya terlihat lebih luas tanpa adanya sekat berupa dinding yang masif. Kaca bermotif bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat diaplikasikan pada sebuah sekat ruangan, misalnya diantara ruang tamu dengan ruang keluarga, atau ruang keluarga dengan ruang makan, atau bisa juga ruangan lain misalnya ruang kerja yang tidak terlalu membutuhkan privasi.
Jenis kaca yang bisa Anda gunakan juga cukup beragam, misalnya kaca grafir yang motifnya menggunakan teknik ukir, atau kaca lukis jika Anda menyukai kaca dengan motif yang lebih atraktif dan berwarna. Namun yang perlu Anda ingat adalah ketebalan dan kekuatan dari jenis kaca yang akan digunakan. Karena sekat ruangan sangat rawan terbentur oleh benda-benda di sekitarnya. Sehingga harus cukup kuat untuk menahan benturan tersebut dan tidak membahayakan penghuni rumah. Untuk memastikan bahan kaca yang dipakai sebagai penyekat ruangan cukup kuat, maka Anda bisa menggunakan materian kaca tempered atau biasa dikenal dengan tempered glass. Jenis kaca ini telah melalui serangkaian proses yang membuatnya mempunyai daya tahan yang jauh lebih kuat dari kaca biasa. Hal ini untuk memastikan keamanan penggunaan bahan kaca sebagai penyekat ruangan dan juga menjaga keindahan ruangan Anda lebih lama.

Sekat dengan lemari atau etalase
Penggunaan lemari atau etalase untuk mempartisi sebuah ruangan juga menjadi salah satu cara jitu untuk menghindari dinding yang masif dan "berat". Namun tentu saja pemilihan lemari juga tidak boleh asal-asalan. Pilihlah lemari dengan dimensi ketebalan yang tidak terlalu besar. Hal ini untuk memastikan bahwa penggunaan lemari sebagai sekat ruangan tersebut bukan justru menimbulkan kesan yang "berat". Gunakan lemari atau etalase yang mempunyai banyak "celah" transparan yang memungkinkan ruangan yang ada di kedua sisinya dapat terlihat dengan mudah. Kemudian pastikan juga untuk mengisi lemari tersebut dengan barang-barang yang sederhana dan tidak terlalu kompleks namun tetap elegan. Misalnya Anda bisa meletakkan vas bunga atau ornamen keramik lainnya dengan nuansa yang minimalis sehingga membuatnya tampil lebih modern.


0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer