Breaking News
Loading...
Sunday, November 16, 2014

Taman Dalam Ruangan Untuk Rumah Kecil? Bisa Kok..

7:32 PM
Taman dalam ruangan selama ini kerap kita temui terutama di beberapa bangunan yang bersifat publik, misalnya bandara, hotel, dan beberapa tempat umum lainnya. Tempat-tempat umum tersebut tentu saja mempunyai bangunan yang besar dan cukup luas. Namun tidak selamanya taman dalam ruangan hanya bisa diaplikasikan pada bangunan besar dan luas semacam beberapa area publik yang kerap kita temui. Yap, Anda juga bisa membuat taman di dalam ruangan sendiri di rumah Anda.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin menciptakan sudut hijau di dalam rumah Anda antara lain adalah sebagai berikut :

Pemilihan lokasi taman
Pemilihan lokasi ruangan yang akan dijadikan sebagai tempat untuk membuat taman dalam ruangan tentu saja menjadi faktor utama yang akan menentukan hasil akhirnya. Pilihlah lokasi pada ruangan yang sifatnya lebih "terbuka", dalam artian sirkulasi udara cukup baik, misalnya di ruang keluarga. Pastikan juga posisinya tidak menghalangi jalan yang nantinya akan mengganggu aktifitas Anda di dalam rumah. Jika ruangan yang Anda pilih cukup sempit, triknya adalah maksimal Anda hanya bisa menggunakan 1/5 bagian dari ruangan tersebut. Hal ini untuk memastikan bahwa ruangan tersebut nantinya tidak akan terlihat "penuh" setelah digunakan untuk membuat taman dalam ruangan.
Pemilihan jenis tanaman
Jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan yang minim cahaya matahari saat ini sangatlah beragam. Warna-warni tanaman tersebut juga sangat cantik dan menggoda. Namun yang perlu Anda ingat adalah pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan konsep taman serta ukuran ruangan yang ditempati oleh taman tersebut. Hindari menggunakan tanaman yang bisa tumbuh cukup besar, karena hal ini akan membuat taman Anda menjadi terkesan penuh sesak. Sebaiknya gunakan beberapa tanaman yang mempunyai ciri khas berupa ukuran tanaman yang kecil namun menyerupai tanaman yang lebih besar, misalnya menggunakan bonsay dari beberapa jenis tanaman.
Penambahan ornamen
Taman dalam ruangan yang Anda buat bisa menjadi lebih indah dan menarik dengan menambahkan beberapa ornamen. Misalnya Anda bisa menggunakan beberapa varian koral sikat untuk menutupi media tanam sehingga terlihat lebih bersih dan elegan. Anda juga bisa menggunakan beberapa ornamen lain seperti patung-patung kecil yang mendukung taman tersebut menjadi seperti sebuah ekosistem di alam bebas. Kreasikan penempatan ornamen-ornamen tersebut sesuai dengan imajinasi Anda sehingga dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Berani mencoba membuat sendiri taman dalam ruangan di rumah Anda?
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer